Debu Timbel di Langit-langit Atap Rumah

Timbel dan kesehatan kamu
Karena timbel murah dan sangat berguna, sehingga dapat ditemukan diberbagai produk dan banyak tempat di lingkungan

Timbel berdampak ke semua orang, terutama anak anak dibawah empat tahun dan wanita hamil lebih berisiko. Timbel terhadap anak anak berdampak pada proses pembelajaran dan masalah perhatian, hilang pendengaran, pertumbuhan lamban, dan masalah perilaku.

Timbel dapat juga berdampak terhadap orang dewasa. Dalam paparan rendah dapat menyebabkan pesakitan di otot, tekanan darah tinggi dan ketidaksuburan. Pada kadar yang lebih tinggi dapat menyebabkan hilang ingatan, masalah saraf dan di kadar yang sangat tinggi, menyebabkan serangan tiba-tiba.

Timbel dapat masuk ke tubuh kita ketika bernafas dalam debu yang mengandung timbel dan uap air. , atau jika makan makanan atau minum air yang mengandung timbel. Anak‚Äďanak dapat secara cepat memasukkan timbel melalui mulut yang dimasukkan tangan. Dalam jumlah kecil secara bertahap bertambah dan menyebabkan masalah kesehatan.

Berasal dari manakah debu bertimbel ?
Banyak rumah dan gedung  di Australia mempunyai debu bertimbel di dalam lubang atap rumah, dalam lubang dindin dan di bawah lantai.  Debu ini terbentuk lebih dari beberapa tahun dari berbagai sumber, termasuk renovasi dalam rumah kamu atau yang terdekat, polusi industri, knalpot dari mobil yang menggunakan bensin bertimbel, dan asap pembakaran kayu atau batu bara. Penghancuran cat tua yang mengandung timbel sangatlah penting karena merupakan sumber debu di rumah pra 1970.

Bagaimana debu timbel  meracuni rumah kamu
Debu dalam atap berlubang tidak sebagai resiko jika atap rumah, perhiasan dan hiasan atap dalam kondisi baik. Kenyataannya, debu lebih baik ditinggal tidak disentuh jika tidak terdapat bocor yang masuk ke ruangan.

Beberapa perawatan rumah atau kegiatan renovasi dapat mengeluarkan debu dan meningkatkan resiko kontaminasi di area kamu. Ini termasuk:

  • Membersihkan atap rumah atau lubang dinding
  • Menambah cadangan pelapis
  • Memotong tangga loteng atau langit langit
  • Memasangpenghisap atau kawat listrik baru
  • Bekerja did alam lubang atap rumah dengan berbagai alas an

Hiasan yang berdebu dan bercelah adalah tanda tanda masalah. Dekorasi atap rumah berbentuk mawar dengan lubang udara dapat meninggalkan debu didalamnya. Tetesan air dapat menyebabkan atap rumah peca atau kolaps.

Apa yang harus dilakukan

Tes debu bertimbel
Asumsi debu di dalam rumah sebelum 1970 yang terdiri dari timbel  tidak sebanyak yang diharapkan. Untuk lebih meyakinkan, sewa petugas penguji coba timbel atau hati hati mengumpulkan contoh sendiri dan dapatkan tes laboratorium.

Memindahkan debu bertimbel dari rumah kamu
Wanita hamil, anak anak dan hewan peliharaan seharusnya dipindahkan keluar sampai pembersihan diselesaikan atau tinggal jauh dari daerah kegiatan.

Lakukaan sendiri memindahkan debu di atap rumah tidak dianjurkan- kotor dan berbahaya dan dibutuhkan peralatan khusus. Apabila memungkinkan, sewa seorang professional

Jika memindahkan debu seorang diri, lakukan dengan aman
Dapatkan peringatan untuk meyakinkan debu tidak masuk ke tempat tinggal melalui akses lubang atap atap rumah

  • Pakai AS 1716 filter penghisap udara dengan P1 (debu) atau P2 (debu dan asap). Masker kertas tidak melindungi terhadap debu halus
  • Pakai pakaian pelindung (lengan dan celana panjang) dan bahan yang tidak menangkap debu atau serpihan dalam kantong atau kancing. Melengkapi seluruhnya dn pelindung sepatu boot plastik adalah ide baik.
  • Bentangkan plastik dan lindungi, pindahkan perabot lunak, karpet ke dalam ruangan
  • Perhatikan kabel listrik dan hati hati tidak jatuh ke langit langit rumah
  • Gunakan vakum pembersih partikel udara berefisiensi tinggi, bukan pembersih vakum local.
  • Cuci tangan dan muka sebelum makan, dan mandi dengan anti pakaian setelah pekerjaan selesai. Jika kamu merokok, jangan merokok atau membawa rokok di pekerjaan, kamu dapat bernafas dalam debu bertimbel. Cuci tangan sebelum merokok untuk menghentikan timbel yang masuk melalui mulut.
  • Cuci pakaian kerja terpisah dari pakaian lainnya menggunakan deterjen posfat (sabun cair). Setelah itu, bilas dengan mesin cuci.
  • Setelah selesai, mengelap seluruh permukaan (termasuk sekat jendela, lantai dan bingkai gambar) dan berbgai perlengkapan dengan pembersih debu dan deterjen posfat tinggi
  • Segel tempat pengumpul debu dalam kantung plastik berat. Kemas kantung yang disediakan fasilitas pengolah limbah

Photo by Markus Spiske on Unsplash

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.